Sabtu, 07 Januari 2012

PENGGUNAAN LIDAH BUAYA SEBAGAI OBAT HERBAL


MANFAAT OBAT LIDAH BUAYA
Semenjak Zaman-Zaman Kerajaan tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) telah banyak digunakan untuk bidang kesehatan dan perawatan kecantikan. Beberapa manfaat penggunaan lidah buaya, yaitu untuk mencegah serangan jantung, mengatasi jerawat, dan menghitamkan rambut.

Lidah buaya memiliki daun yang bergerigi pada tepinya. Baik daging (isi) dan daunnya dapat dimanfaatkan. Tanaman ini mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan terutama bagi wanita. Beberapa di antaranya, yaitu :
• lignin, bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit dan menjadikan kulit lebih cantik.
• glikoprotein, berperan dalam menghasilkan rambut yang lembut dan indah.
• antrakuinon dan asam amino yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit.

Pemanfaatan lidah buaya dapat dalam bentuk minuman, seperti minuman anti jerawat (lebih jelasnya lihat artikel bertajuk “Minuman Anti Jerawat”) dan masker wajah.


lidah buaya.jpg





aloe-vera.jpg


Perawatan rambut menggunakan lidah buaya
Resepnya cukup mudah. Terlebih dahulu siapkan 2 pelepah lidah buaya yang telah dicuci bersih. Kupas kulitnya lalu isi atau dagingnya digosok-gosokkan ke kulit kepala. Setelah proses tersebut selesai kemudian lanjutkan dengan membungkus kepala menggunakan handuk atau kain agar ramuan dapat meresap ke kulit kepala dengan baik. Setelah didiamkan selama semalaman kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin tiap harinya selama kurang lebih 3 bulan.

Perawatan kulit menggunakan lidah buaya
Untuk perawatan kulit, lidah buaya dibuat berbentuk jus. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan sekitar 3 ons daging lidah buaya kemudian blender hingga halus. Tambahkan air secukupnya dan gula sesuai selera untuk mengurangi rasa pekat dari lidah buaya. Mudah bukan ?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar